Yuh, ngapak yuh…

19 04 2009

Dialek, salah satu identitas masyarakat, dalam dunia humor mampu menembus sekat-sekat geografis antardaerah. Keunikan suatu dialek bahkan mampu menyentuh sisi-sisi humanisme dan menyuarakan kondisi sosial masyarakat global. Dialek yang sering dijadikan obyek kelucuan pun memiliki kekuatan universal tersendiri.

Dialek Banyumas, misalnya, karena keunikannya banyak dipakai sebagai salah satu amunisi ketika para pelawak bertempur memecahkan karang kebekuan penonton. Dialek Banyumas, yang disebut ngapak, memang luwes digunakan di segala kesempatan. Kekuatan kelucuan dialek Banyumas tidak terkait dengan huruf vokal tertentu, Cengkoknya lah yang menjadi kekuatan.

Bagi masyarakat di luar daerah Banyumas dan sekitarnya, pengucapan kata-kata khas, seperti inyong atau kepriwe, misalnya, sudah mengandung unsur kelucuan tersendiri meski baru sebatas diucapkan dan meski tidak terlalu paham arti kata yang diucapkan.

Makanya bagi para ngapakers dimana saja di seluruh wilayah Indonesia, jangan sampai kehilangan logat ngapak ya…ayo kita lestarikan budaya Banyumas, meski kur bahasane thok, sing penting melu partisipasi… matur nuwun


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: