MENGENAL DIRI SENDIRI SEBELUM PSIKOTES

15 04 2009

Anda mungkin pernah menerima surat undangan psikotes dari sebuah perusahaan. Satu catatan kecil biasanya tercantum di bagian bawah surat: Mohon datang tepat waktu dan istirahat secukupnya. Usahakan makan pagi, karena tes ini akan memakan waktu sehari penuh.

Pesan-pesan tersebut adalah sedikit persiapan untuk menghadapi psikotes. Tetapi, sebuah tes psikologi, sebenarnya membutuhkan sebuah spontanitas dan orisinalitas respon/jawaban untuk bisa menggambarkan kepribadian yang sebenarnya dalam diri Anda.

Oleh karena itu, sebagaimana dikatakan Suko Winarno, praktisi yang bekerja di Biro Konsultan Psikologi LPT UI, sebuah psikotes sebenarnya hanya membutuhkan sikap sukarela, konsentrasi penuh dan berada dalam kondisi fisik maupun psikis yang sehat.

Selain itu, rasa percaya diri merupakan sesuatu yang penting. Untuk membantu mendongkrak kepercayaan diri tersebut, Anda perlu mengenal diri Anda sendiri. Hal itu akan menjawab pertanyaan, apakah model pekerjaan yang Anda lamar cocok dengan pribadi Anda.

Dalam bukunya, What’s Your Type of Career?, pakar sumber daya manusia Donna Dunning membagi delapan faktor yang bisa dikenali untuk menentukan pekerjaan yang tepat.

Delapan hal itu adalah Extroversion (terbuka, E), Entroversion (tertutup, I), Sensing (peka, S), Intuition (intuisi, I), Thinking (pemikir, T), Feeling (perasa, F), Judging (pemutus, J), dan Perceiving (penanggap, P).

Dunning membagi empat kelompok sifat yang diambil dari delapan faktor itu. Kombinasi kelompok itu adalah ESFP, ENFJ, INTJ dan ISFP.

Jika Anda termasuk dalam kelompok ENFP (extroverted, intuitive, feeling and perceptive) misalnya, menurut Dunning Anda berarti orang yang suka bereksplorasi, akan bagus bekerja dalam kelompok, tanggap terhadap perubahan di sekitar Anda.

Namun jika Anda termasuk ke dalam INTJ (introverted, intuitive, thinking and judging), menurut Dunning, Anda adalah seorang yang mempunyai visi yang bagus. Anda cocok bekerja sebagai peneliti. Pendeknya, menghabiskan waktu dengan menemukan kesimpulan dari data-data yang ada, mencari ide dengan data tersebut dan menganalisis. Selebihnya, tidak ada salahnya jika Anda percaya bahwa Tuhan menentukan semuanya. (GCM/KT)


Aksi

Information

5 responses

2 06 2009
evie

thanks for info
sangat membantu krn sy akan mengikuti psikotes 2hr mendatang..

3 06 2009
ÑûGîÉ

welcome
good luck for your test😀

21 01 2010
tedjo

thx 4 this preciouse info

19 05 2010
Bono

nice info

12 06 2010
Sukses Psikometri

Untuk tes psikotes/psikometri/tes aptitude kita perlu persiapan. Paling tidak mengetahui bentuk soal tes yang akan diujikan.

Mau tau rahasianya untuk LOLOS?

Lihat disini untuk informasi lengkap tes psikometri.

Ada juga tips tes psikotes, tes potensi akademik, dan tes aptitude dari vendor konsultan ternama di Indonesia, seperti SHL, Experd, DDI, dll.

Semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: