Santrock Memandang Perkembangan Dewasa

16 04 2009

Pada pertumbuhan fisiknya dewasa awal sedang mengalami masa peralihan dari masa remaja ke masa tua. Pada masa ini seseorang tergolong sebagai seorang pribadi yang benar-benar dewasa atau matang (maturity). Segala tindakannya sudah dapat dikenakan aturan-aturan hukum yang berlaku. Pada masa ini ditandai dengan adanya perubahan fisik, misalnya tumbuh bulu-bulu halus, perubahan suara, menstruasi dan kemampuan reproduksi. Hal inilah yang menandai adanya transisi fisik.

Secara nyata perubahan ciri fisik dewasa awal tidak dapat dilihat, karena merupakan kelanjutan dari perkembangan fisik pada remaja yang sangat pesat dan dapat dilihat secara nyata, tapi perkembangan fisik dewasa dianggap sebagai puncak perkembangan fisik. Karena dalam perkembangan fisik dewasa awal merasa kuat, maka kesehatan menjadi kurang diperhatikan dan dijaga. Memang hal ini kurang berpengaruh di masa dewasa awal, namun akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya.

Aspek-aspek Perkembangan Fisik

1.      Kekuatan dan Energi

Pada masa dewasa awal, seseorang menyalurkan seluruh potensinya untuk mengembangkan diri. Kehidupan karir seringkali menyita perhatian dan energi bagi seorang individu. Biasanya pada masa ini, mereka merintis dan membangun kehidupan ekonomi agar benar-benar mandiri dari orang tua.

2.      Ketekunan

Seseorang harus memiliki kemauan untuk bekerja keras yang disertai dengan ketekunan untuk dapat mencapai kemampuan dalam ekonomi. Seseorang pada umumnya akan tekun mengerjakan tanggung jawab pekerjaannya ketika mereka menemukan posisi kerja yang sesuai dengan minat, bakat dan latar belakang pendidikannya.

3.      Motivasi

Motivasi merupakan suatu dorongan yang berasal dari kesadaran diri sendiri untuk dapat meraih keberhasilan dalam suatu pekerjaan. Dalam hal ini yang dimaksud adalah motivasi internal dimana biasanya orang yang memiliki motivasi internal berusaha keras tanpa dipengaruhi lingkungan eksternal sampai mencapai suatu tujuan yang diharapkan.

Kesehatan Dewasa Awal

Masa dewasa awal adalah masa dimana seseorang mencapai puncak kemampuan fisik dengan kondisi yang paling sehat. Namun pada masa ini kemampuan fisik individu juga mulai menurun. Kekuatan dan kesehatan otot mulai menunjukkan penurunan sekitar umur 30-an. Pada masa ini beberapa individu berhenti berpikir tentang bagaimana gaya hidup pribadi akan mempengaruhi kesehatan hidup mereka selanjutnya pada kehidupan dewasa. Dalam studi longitudinal, kesehatan fisik di usia 30 tahun dapat memprediksikan kepuasan hidup pada usia 70 tahun yang mana lebih banyak terjadi pada laki-laki daripada perempuan.

Pada masa dewasa awal, sistem indera individu menunjukkan sedikit perubahan, tetapi lensa mata kehilangan elastisitasnya dan menjadi kurang mampu mengubah bentuk dan fokus pada benda-benda yang berjarak dekat. Kemampuan pendengaran mencapai puncak pada masa remaja dan tetap konstan pada permulaan dewasa awal, tetapi mulai mengalami penurunan pada akhir masa dewasa awal. Pada pertengahan sampai menjelang akhir 20-an, jaringan lemak tubuh bertambah. Kondisi kesehatan dewasa muda dapat ditingkatkan dengan mengurangi gaya hidup yang merusak kesehatan.

Menurut Hurlock, puncak efisiensi fisik biasanya dicapai pada usia pertengahan dua puluhan, setelah itu terjadi penurunan lambat laun hingga awal usia empat puluhan. Oleh karena itu, pada masa dewasa muda lebih mampu menghadapi dan mengatasi masalah secara fisik sehingga penyesuaian fisik berjalan dengan baik. Pada masa ini individu sudah menyadai adanya kekurangan fisik pada dirinya namun juga menyadari bahwa ia tidak dapat menghapus kekurangannya tapi masih mampu untuk memperbaiki penampilan, hal ini menimbulkan minat yang menyangkut pada diet, olah raga dan aspek kecantikan. Minat akan penampilan ini akan berkurang menjelang usia tiga puluhan karena dirasa semakin kuatnya ketegangan dalam pekerjaan dan rumah tangga.

Masalah-masalah Kebiasaan dan Kesehatan

1.      Nutrisi dan perilaku makan

a.       Obesitas, biasa kita kenal sebagai kegemukan. Biasanya menjadi suatu keresahan sendiri bagi individu pada masa dewasa awal karena adanya minat untuk memperhatikan penampilan fisik. Obesitas dapat disebabkan faktor genetik, mekanisme fisiologis, faktor kognitif dan pengaruh lingkungan.

b.      Diet, merupakan hal yang masih dilakukan sebagian besar individu pada masa dewasa awal. Hal ini terkait dengan perhatian pada penampilan fisik pula dimana anggapan bahwa tubuh yang proporsional dianggap lebih menarik sehingga untuk mendapatkannya dilakukan dengan diet.

c.       Olahraga, merupakan alternatif yang lebih baik untuk mengurangi berat badan daripada menggunakan obat karena tidak hanya membakar kalori tetapi juga meningkatkan metabolisme.

2.      Ketergantungan pada obat-obatan

Penggunaan obat-obatan proaktif (misal alkohol, narkoba, rokok) dapat mempengaruhi sistem saraf sehingga mengubah kondisi kesadaran, persepsi dan suasana hati. Hal ini dapat merusak kesehatan si pengguna.


Aksi

Information

3 responses

23 04 2009
della

dewasa akhirna mana????????

26 07 2010
nura

ece ece

26 11 2013

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: