3 Motivasi Dasar Orang Ingin Bekerja

15 04 2009

Biasanya dalam obrolan ringan bersama kolega selalu saja muncul pertanyaan seperti, “Apa motivasi Anda bekerja?” Jawaban pun pasti beragam tergantung konsep dan falsafah hidupnya.

Pakar teori motivasi, David McCleand mengingatkan bahwa ada tiga motivasi dasar orang ingin bekerja yaitu: Achievement, affiliation, dan power.

Faktor achievement. Anda pun ingin mencapai kemajuan dalam bekerja dan mencapai kesuksesan yang memberi rasa puas diri. Nah, ukuran yang dipakai umumnya kenaikan gaji atau kenaikan pangkat atau jabatan yang dirasakan sebagai penghargaan perusahaan pada hasil kerjanya. Jadi, amat wajar bila seseorang mendambakan kenaikan gaji dan pangkat atau jabatan.

Titik kritisnya, pada pengertian penghargaan perusahaan pada hasil kerja Anda. Sangat kritis, karena ada dua sudut pandang: apakah hasil kerja yang menurut Anda sudah layak diberi penghargaan, juga disepakati oleh manajer Anda? Apakah bos Anda telah memberi kesempatan bagi Anda untuk belajar, namun Anda merasa kurang dihargai. Bila Anda kecewa soal gaji bos Anda mungkin segera mereview kembali. Tampak bahwa ia mengakui pentingnya Anda di perusahaan.

Ingat, perusahaan bukan juga lembaga sosial. Perhitungan bisnis selalu ada dan tampaknya bos Anda tergolong orang yang hitungan bisnisnya kuat atau sekedar seorang spekulan. Hal ini sekaligus merupakan suatu peringatan bagi para bos agar menghindari pemberian janji pada bawahannya hanya sekedar untuk memberikan motivasi kerja.

Memotivasi bawahan misalnya dengan memberikan janji kenaikan gaji atau jabatan adalah berbahaya dan tak mendidik. Di atas dikatakan, Anda mencari kepuasan kerja melalui serangkaian kesuksesan yang diukur dengan pemberian penghargaan. Pertanyaannya, apakah Anda memperoleh kepuasan kerja bila penghargaan diberikan karena terpaksa salah, seolah karena Anda ‘mengancam’ akan keluar?

Keputusan untuk Anda keluar atau tidak sangat tergantung dari motivasi dasar Anda sendiri, uangkah atau kepuasankah? Di lain pihak secara rasional perlu dikaji apakah perusahaan itu memberi peluang bagi Anda untuk terus mencetak kesuksesan di masa depan? Sukses adalah kekayaan yang tak bisa dihitung dengan uang!

Faktor afiliasi (affiliation) juga berpengaruh besar pada pengambilan keputusan Anda. Setiap karyawan ingin bergabung pada organisasi yang memberi rasa betah untuk hidup di dalamnya. Apakah Anda sudah merasa seperti di rumah sendiri? Dimana hubungan kerja dengan bos dan rekan-rekan sekantor sudah memberikan kepuasaan dalam hidup Anda? Hal ini pun sulit dinilai dengan uang. Inilah yang disebut sebagai bagian dari budaya kerja yang menyatu dengan diri Anda.

Faktor penting lainnya adalah power. Yakni suatu keinginan untuk memperoleh serangkaian wewenang, bahkan kekuasaan untuk mengontrol tugas, tanggung jawab dan manusia di bawahnya. Adakah peluang untuk memperoleh ‘power’ di masa mendatang?

Di perusahaan baru, yang pasti akan Anda peroleh adalah semata-mata uang saja. Apakah perusahaan itu juga memberikan impian yang manis untuk memperoleh ketiga hal dasar di atas?

Inilah yang paling sulit, karena sebelum Anda nyemplung ke dalam perusahaan itu Anda tak pernah tahu. Seringkali yang kita lihat dari perusahaan baru adalah ‘fatamorgana’.

About these ads

Aksi

Information

4 tanggapan

16 04 2009
defrimardinsyah

Kayaknya ada yang kurang deh,… satu lagi..
kalau tiga hal diatas tidak kita dapatkan

– achievement .. gaji gak naik-naik
– Afiliasi .. kayaknya pertemenan dikantor hanya sekedarnya aja deh
– power.. boro-boro power untuk ambil keputusan.. jabatan juga gak naik-naik..

rumusnya sih kalo gak dapet salah satu dari ketiga ini, seharusnya kita sudah pindah keperusahaan lain.. tetapi kenyataannya banyak yang masih bertahan sampai tahunan.. bahkan puluhan tahun..

jadi ada satu lagi motivasi orang ingin bekerja,
yaitu untuk hidup, membiayai hidup keluarga,,, anak dan istri..
mengejar kehidupan….

16 04 2009
Mas Gaptek

Setuju ama yg diatas, gaji juga perlu dimasukin tuh.
Motivasi pertama : enjoy – cocok – betah
Kalau tidak enjoy, cek motivasi kedua : punya jabatan / karir yg baik
Kalau tidak betah plus karir mandeg, coba motivasi ketiga : gaji!

Kalo kerja udah gak enjoy, karir juga mandeg, mana gaji kecil, mending pindah aja….. (menasehati diri sendiri :) )

29 05 2013
Alta

An interesting discussion is definitely worth comment. I do believe that you should publish more on this topic,
it may not be a taboo subject but typically
people don’t speak about such subjects. To the next! Many thanks!!

10 07 2013
sex match

Hi there are using WordPress for your blog platform?
I’m new to the blog world but I’m trying to get started
and create my own. Do you require any html coding expertise to make your own blog?
Any help would be greatly appreciated!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: